Selasa, 28 Januari 2014



DARI KIRI: Agustin Elya Gradita Retong (Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta), Hasan Gozali (Ketua Dewan Komisaris WNBL Indonesia), M. Firdaus (Deputy EGM Home Services, Divisi Consumer Service – PT Telkom Indonesia), Hanum Fasya (Merah Putih Predators Jakarta) dalam konferensi pers Speedy WNBL Indonesia 2013-2014 seri I Jakarta di Best Western Mega Kuningan Hotel. (Foto: Haritsah Almudatsir / Jawa Pos)
wnblindonesia.com - 14/01/2014
Makin Muda Menginjak Musim Ketiga
Speedy WNBL Indonesia 2013-2014 Dimulai 15 Januari di Jakarta
JAKARTA, 14 Januari 2014 – Liga basket perempuan kasta tertinggi tanah air, Speedy Women’s National Basketball League (WNBL) Indonesia 2013-2014 kembali bergulir. Dimulai dengan seri pembuka yang dilangsungkan di Hall A Senayan, 15 hingga 19 Januari 2013.  Sebanyak enam tim terbaik di tanah air siap unjuk gigi memburu supremasi tertinggi.
Menginjak musim ketiga, liga yang dikelola oleh PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia ini semakin menarik minat para bibit-bibit pebasket perempuan potensial dari penjuru tanah air. Musim ini, sebanyak 18 rookie (pendatang baru) siap menjalani debutnya. Rata-rata usia mereka berkisar 19,7 tahun.
Kehadiran para rookie tersebut merupakan tuntutan dari proses regenerasi yang harus dilakukan masing-masing kontestan liga.  Demi menghadapi level persaingan yang semakin sengit. Secara keseluruhan, liga yang terus tumbuh ini kini semakin muda. Usia rata-rata pemain yang bakal berlaga di musim 2013-2014 adalah 22,15 tahun.
”Olahraga basket sangat menuntut kecepatan dan athleticism yang tinggi. Sangat menggembirakan bahwa rata-rata usia pemain di liga kita ini cukup muda. Ini bisa jadi modal bagus untuk menaikkan level kompetisi,” ujar Ketua Dewan Komisaris WNBL Indonesia Hasan Gozali dalam press conference di Best Western Mega Kuningan Hotel, Jakarta, Selasa (14/1).
Dengan semakin banyak bibit-bibit muda bermunculan, Hasan optimistis bakal berdampak positif terhadap prestasi basket Indonesia di kancah internasional kedepannya. ”Liga ini (WNBL Indonesia) menjadi wadah yang positif untuk proses pematangan mereka,” sambung pria yang dipercaya menangani tim basket putri Indonesia sejak 2011 ini.
Sama seperti musim lalu, Speedy WNBL Indonesia 2013-2014 akan menyuguhkan total 49 pertandingan. Dengan rincian 45 laga musim reguler yang dibagi dalam lima seri, mengiringi penyelenggaraan liga basket profesional tertinggi di tanah air, Speedy NBL Indonesia 2013-2014. Plus empat laga playoff atau Championship Series yang akan dilangsungkan di GOR UNY Jogjakarta, 7-15 Juni mendatang.
Liga basket wanita kasta tertinggi ini terus melaju berkat dukungan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom). Ini adalah tahun kedua PT Telkom berpartisipasi melalui Speedy sebagai title partner.
”Liga ini sangat positif bagi kemajuan olahraga basket di Indonesia. Kami berharap dukungan ini dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya atlet-atlet basket perempuan di Indonesia, yang nantinya tidak hanya mencetak prestasi buat klubnya, tetapi bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan basket nasional di tingkat internasional,” ujar M. Firdaus, Deputy EGM Home Services, Divisi Consumer Service  PT Telkom Indonesia.
Seri pembuka di Jakarta ini bakal menjadi debut rookie yang sangat dinanti-nantikan, Agustin Elya Gradita Retong. Senjata muda Tomang Sakti ini disebut-sebut berpotensi menjadi calon Rookie of The Year. Walau berstatus rookie, mantan pemain PON Sumatera Selatan ini memiliki jam terbang internasional yang lumayan. Setelah saat SMA ikut terbang bersama DBL Indonesia All-Star 2011 ke Amerika Serikat, belakangan dia ikut tampil memperkuat timnas basket putri pada SEA Games 2013 di Myanmar. Dia juga membantu timnas meraih emas pada Islamic Solidarity Games di Palembang, serta tampil pada FIBA Asia for Women 2013 di Bangkok.
”Tampil di liga profesional (WNBL Indonesia) menjadi impian semua pebasket.  Apalagi bergabung dengan tim berstatus juara bertahan. Bersama Tomang Sakti saya optimis bisa membawa tim ini meraih juara dan melanjutkan tradisi musim lalu,” ungkap perempuan yang akrab disapa Dita ini.
Di hari pertama seri Jakarta ini, dua laga seru langsung tersaji. Empat tim teratas musim lalu harus saling berhadapan. Sang juara bertahan, Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta akan menghadapi tamunya dari Jawa Tengah, Sahabat Wisma Sehati Semarang. Sedangkan runner-up Surabaya Fever akan berhadapan dengan Merah Putih Predators Jakarta yang juga berstatus semifinalis musim kemarin.
”Kalau bicara target, kami berharap minimal bisa menembus Championship Series seperti musim kemarin. Walaupun itu tidak akan gampang, karena persaingan musim ini jauh lebih ketat,” ujar Hanum Fasya, shooting guard Merah Putih Predators yang baru bergabung kembali dengan rekan-rekannya setelah membela Timnas basket putri SEA Games 2013 di Myanmar.
Duel sengit ini, dapat disaksikan di Hall A Senayan mulai pukul 14.00 WIB. Semua pertandingan pada Seri Jakarta ini, serta seluruh laga pada 2013-2014 dapat dinikmati secara secara langsung dan gratis melalui layanan live streaming. Semuanya bisa ditonton langsung via PC, laptop, tablet, android, juga iPhone dan BlackBerry di livestream.wnblindonesia.com. (*)
Usia Rata-Rata Pemain Speedy WNBL Indonesia 2013-2014

Klub Usia (Rata-rata)
Sahabat Wisma Sehati Semarang
Merah Putih Predators Jakarta
Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta
Surabaya Fever
Sritex Dragons Enduro Solo 
Rajawali Bandung 
21,33 tahun
21,83 tahun
21,92 tahun
22,00 tahun
22,30 tahun
23,35 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar