Senin, 30 September 2013

Manfaat Ubi Ungu yang Unik

manfaat ubi ungu untuk kesehatanUbi jalar atau ubi ungu ternyata memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan. Dulu kita sering menemukan berbagi olahan makanan ringan yang terbuat dari ubi jalar ungu. Mulai dari keripik, dijadikan kolak, dikukus, digiling dan dibuat berbagai macam jajanan maupun digoreng.
Dibalik rasanya yang enak dan mengenyangkan ternyata ubi ungu memiliki berbagai macam khasiat yang luar biasa. Warna ungu pada ubi jalar ini ternyata adalah senyawa antosianin yang berperan sebagai antioksidan. Fungsi dari antioksidan adalah untuk menangkal radikal bebas akibat dari polusii udara, kimiawi, nikotin pada rokok serta hasil metabolisme yang bersifat merusak tubuh. Antioksidan dalam ubi ungu ini bahkan lebih efektif dari yang terkandung dalam blueberry, kurang lebih 2,5 kali dari lebih baik antioksidannya dan 3,2 kali lebih baik dalam menangkal aktifitas pertumbuhan bakteri.
Manfaat Antioksidan antosianin dalam ubi ungu mencegah dan memperlambat berbagai macam penyakit seperti polyp, asam urat, hipertensi, alzheimer, kanker, sakit maag, penyakit jantung koroner, menurunkan kadar gula darah, penumpukan lemak dalam pembuluh darah (atherosklerosis).
Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat kita lebih tahan kenyang. Untuk ibu hamil yang sering mual-mual ubi ungu ini juga bermanfaat untuk mengurangi mual. Vitamin A yang terkandung dalam ubi ungu sangat tinggi mencapai 15 kali dari vitamin A yang terdapat dalam wortel.
Seratnya baik untuk pencernaan, melancarkan BAB dan menjaga agar gula darah tidak naik terlalu cepat. Serat juga baik untuk mencegah sembelit, wasir dan kanker kolon.
Manfaat ubi jalar yang lain ialah mencegah dan mengobati penyakit asam urat dan rheumatic.
Kandungan yang terdapat dalam ubi jalar antara lain Mc, Km lisin, Cu, Zn, vitamin , vitamin C, vitamin B1 (thiamin) dan riboflavin. Mineral lainnya fosfor (P), zat besi (Fe) dan kalsium (Ca)
Selama ini ubi jalar ungu memang dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat kita, ubi ungu identik dengan makanan orang desa padahal nutrisi yang ada didalalmnya bisa dibilang premium. Di negara-negara barat dan asia timur yang maju dan mengenal nutrisi didalamnya bahan makanan ini termasuk mahal dan disukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar