Senin, 30 September 2013

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

kacang-hijauAnda pasti sangat familiar dengan salah satu bahan pangan yang sering disajikan dalam bentuk bubur. Nah, tepat sekali, bahan makanan itu adalah kacang hijau. Kacang hijau merupakan sumber makanan yang mengandung banyak protein seperti halnya jenis kacang – kacangan lainnya yang sangat identik dengan protein yang terkandung di dalamnya. Salah satu jenis kacang – kacangan ini ternyata juga memiliki serat dan kalori yang rendah, sehingga sangat aman dikonsumsi oleh semua orang. Vitamin yang terkandung dalam biji kacang hijau sangat berguna bagi kesehatan tubuh, serta serat – seratnya mampu berperan dalam mencegah kolesterol dan juga baik untuk pencernaan.
Banyak hal yang tak kita ketahui dari kacang hijau, salah satunya adalah pentingnya mengkonsumsi kacang hijau. Mengkonsumsi kacang hijau sangat penting karena bahan makanan yang satu ini mempunyai banyak manfaat dan mengandung berbagai macam vitamin yang berguna untuk tubuh kita. Manfaat mengkonsumsi kacang hijau adalah memberikan nutrisi yang cukup pada anak dalam masa pertumbuhan. Kandungan fosfor dan kalium yang berada dalam kacang hijau membuatnya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang pertumbuhan mereka agar dapat tumbuh dengan maksimal. Mengkonsumsinya secara rutin dapat menunjang pertumbuhan tulang pada anak – anak.
Selain itu, kandungan vitamin yang terdapat dalam kacang hijau juga mampu untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, TBC, menurunkan demam, dan menstabilkan asam lambung. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, kita dapat mengkonsumsi kacang hijau secara rutin. Selain sehat dan bergizi, kacang hijau juga sangat menguntungkan untuk dikonsumsi, terlebih lagi rasannya sangat nikmat. Selain itu, kacang hijau ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Manfaat kacang hijau juga mampu menghilangkan jerawat dan bintik – bintik hitam pada wajah kita. Bagi para wanita pasti sangat menginginkan memiliki wajah yang mulus dan terbebas dari jerawat serta bintik hitam. Oleh sebab itu sangat baik jika mengkonsumsi kacang hijau secara rutin untuk mendapatkan manfaat kacang hijau yang sangat banyak.
Tidak hanya sampai di situ, manfaat lain dari kacang hijau juga dapat dirasakan oleh ibu hamil ang mengkonsumsi bahan makanan ini. Pada ibu hamil, kebutuhan akan asam folat menjadi kebutuhan utama pada saat hamil agar dapat mengurangi resiko bayinya lahir dengan cacat fisik, serta dapat meningkatkan kecerdasan otak sang bayi. Asam folat memang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Kandungan asam folat yang sangat banyak pada tiap butir kacang hijau juga memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu hamil, terlebih pada bayinya. Mengkonsumsi kacang hijau yang kaya akan protein dan vitamin sangat bermanfaat bukan hanya untuk anak – anak, namun para orang tua juga akan mendapatkan manfaat ketika mengkonsumsi bahan makanan yang sehat dan bergizi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar