Senin, 30 September 2013

Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun SalamRempah – rempah merupakan tanaman yang sangat bermanfaat di Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui pada zaman dahulu bahwa para penjajah Belanda dahulu sangat tertarik pada rempah – rempah yang dihasilkan oleh negeri ini. Hal ini dikarenakan para penjajah mengetahui manfaat rempah – rempah ditinjau dari berbagai segi. Salah satu tanaman rempah yang memberikan beberapa manfaat bagi tubuh kita adalah daun salam. Daun salam sendiri adalah daun yang diproduksi oleh tanaman rempah – rempah yaitu pohon salam. Tentu anda sering mengetahui jika daun salam seringkali digunakan sebagai penyedap makanan bukan. Memang fungsi dari daun salam sendiri dapat digunakan sebagai penyedap makanan karena aromanya yang khas.
Selain berfungsi sebagai penyedap makanan, ternyata daun salam juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan vitamin, mineral, dan nutrisinya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu, daun salam juga mengandung antioksidan yang sangat berperan penting dalam pencegahan penyakit. Ada beberapa manfaat daun salam bagi kesehatan kita yang harus kita ketahui. Manfaat tersebut antara lain:
1. Mengatasi Hipertensi
Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena hipertensi yang tidak terkontrol dapat merusak berbagai macam organ tubuh. Namun penyakit ini dapat diredakan dengan mengkonsumsi daun salam yang telah diolah menjadi teh. Kandungan zat tannin dan flavonoida yang berada pada daun salam membuat tanaman ini menjadi obat yang mujarab untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi. Dengan mengolahnya menjadi teh dan meminumnya, tekanan darah tinggi dapat dikontrol selain dengan obat-obatan. Cara mengolahnya mudah yaitu dengan merebus 10 daun salam dengan 3 gelas air dan menunggunya hingga mendidih dan air menyusut hingga menjadi 1 gelas. Setelah itu tunggu hingga dingin dan teh daun salam siap diminum secara teratur sehari sekali dengan pemanis madu atau gula secukupnya.
2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Daun salam memiliki banyak vitamin di dalamnya termasuk vitamin C yang sangat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, anda dapat mencampurkan daun salam pada masakan yang anda sajikan. Selain mencampurkannya pada masakan, daun salam juga dapat diolah menjadi teh yang juga sangat berkhasiat untuk kesehatan. Daya tahan tubuh yang kuat tentu sangat mempengaruhi kita dalam beraktivitas. Maka dari itu kita wajib memiliki daya tahan tubuh yang kuat, salah satunya dengan cara mengkonsumsi teh daun salam ini.
3. Minuman Diet
Bagi anda yang sedang melakukan diet, ternyata teh daun salam sangat berfungsi untuk menunjang kegiatan diet yang anda lakukan. Dengan mengkonsumsi teh daun salam, dapat melancarkan sistem pencernaan kita. Oleh sebab itu kandungan senyawa kimia dan serat dalam daun salam sangat bermanfaat untuk menunjang program diet yang dilakukan.
4. Mengobati penyakit kulit
Ternyata ramuan pohon salam juga bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit, seperti gatal – gatal dan alergi. Caranya sangat mudah, pertama anda dapat mencuci kulit kayu, ujung akar, dan daun dari pohon salam hingga bersih. Setelah itu anda dapat menumbuknya hingga halus. Kemudian tambahkan air secukupnya dan oleskan pada bagian tubuh yang gatal.
Tidak sulit kan untuk mendapatkan manfaat daun salam. Dengan mengetahui potensi obat yang ada didalamnya diharapkan kita lebih bisa memanfaatkannya secara lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar