Senin, 30 September 2013

Manfaat telur asin

Telur asin enakTelur itik rebus yang mengalami pengasinan atau telur asin pada dasarnya nutrisinya sama dengan nutrisi telur itik rebus tentu manfaat yang ada juga hampir sama dengan telur itik rebus. Sebagaimana kita tahu bahwa telur merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Meskipun secara garis besar sama tetapi setelah proses pengasinan ada beberapa komposisi yang sedikit berkurang dan bertambah.
Telur asin memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan telur rebus biasa. Telur asin lebih tahan lama saat disimpan. Jika telur rebus biasa hanya dapat bertahan dua hari jika disimpan dalam kulkas maka telur asin bisa bertahan hingga 10 hari. Telur asin juga memiliki rasa yang sedikit berbeda dengan telur rebus biasa, rasa telur asin yang baik akan lebih gurih dan enak dari telur rebus biasa.
Selain dari jangka waktu penyimpanan yang lebih lama, telur asin ternyata mengalami peningkatan jumlah kalsium hingga 2,5 kali jadi tidak salah jika orang yang mengalami patah tulang disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti telur asin selama tidak berlebihan. Makanan berkalsium tinggi juga disarankan untuk anak-anak yang dalam masa tumbuh kembang.
Telur asin banyak mengandung kalsium, protein, asam lemak omega 3 yang terdapat dalam kuningnya. Protein dalam telur lebih tinggi dari protein dalam daging dan susu. Protein berfungsi sebagai zat pembangun untuk pertumbuhan sel dan perbaikan sel tubuh yang rusak. Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh termasuk asam lemak omega 3 baik untuk kecerdasan otak. Meskipun banyak mengandung lemak jenuh tetapi telur terbukti tetap aman dikonsumsi dalam batas yang wajar.
Itulah beberapa manfaat telur asin, walaupun memiliki banyak manfaat tetapi tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita darah tinggi karena kandungan garam telur asin yang tinggi bisa menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh akibatnya tekanan darah dapat semakin meninggi.
Cara menyimpan telur asin
Supaya telur asin tetap awet sebaiknya disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu 12-15 derajat celsius dalam wadah karton. Telur asin yang baik jika dibelah warnanya kuning jingga dengan sedikit minyak didalamnya serta memiliki rasa dan aroma yang enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar