Selasa, 27 Agustus 2013

Tips dan Cara Menjernihkan Air Yang Keruh

Tips dan Cara Menjernihkan Air Yang Keruh -
Air merupakan suatu keberkahan yang tak terhingga yang di limpahkan oleh Sang Maha Pencipta untuk mahluknya. Entah apa jadinya bila di dunia ini tidak ada air. Sudah seharusnya kita menyukuri berkah  ini karena kita diberikan sumber air yang bisa dibilang cukup melimpah. Karena dibeberapa negara lain dibelahan dunia masih banyak orang yang kekurangan air. Di Indonesia sumber air masih cukup terjaga. Nahh postingan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara memanfaatkan dan menjernihkan sumber air yang keruh menjadi layak konsumsi dan jernih. Seperti yang kita ketahui curah hujan di indonesia cukup tinggi ini biasanya menyebabkan sumber air baik itu sumur maupun sungai yang biasa kita gunakan sehari hari menjadi keruh. Namun jangan khawatir karena masih terdapat beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk menjernihkan air tersebut.

Tips Menjernihkan Air Yang Keruh

  • Aerasi
    Aerasi merupakan proses penjernihan dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air. Dengan diisikannya oksigen ke dalam air maka zat-zat seperti karbon dioksida serta hidrogen sulfida dan metana yang mempengaruhi rasa dan bau dari air dapat dikurangi atau dihilangkan. Selain itu partikel mineral yang terlarut dalam air seperti besi dan mangan akan teroksidasi dan secara cepat akan membentuk lapisan endapan yang nantinya dapat dihilangkan melalui proses sedimentasi atau filtrasi.
  • Saringan Pasir Lambat (SPL)
    Saringan pasir lambat merupakan saringan air yang dibuat dengan menggunakan lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan pasir terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan kerikil.
  • Saringan Pasir Cepat (SPC)
    Saringan pasir cepat seperti halnya saringan pasir lambat, terdiri atas lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Tetapi arah penyaringan air terbalik bila dibandingkan dengan Saringan Pasir Lambat, yakni dari bawah ke atas (up flow). Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan kerikil terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan pasir.
  • Gravity-Fed Filtering System
    Gravity-Fed Filtering System merupakan gabungan dari Saringan Pasir Cepat(SPC) dan Saringan Pasir Lambat(SPL). Air bersih dihasilkan melalui dua tahap. Pertama-tama air disaring menggunakan Saringan Pasir Cepat(SPC). Air hasil penyaringan tersebut dan kemudian hasilnya disaring kembali menggunakan Saringan Pasir Lambat. Dengan dua kali penyaringan tersebut diharapkan kualitas air bersih yang dihasilkan tersebut dapat lebih baik. Untuk mengantisipasi debit air hasil penyaringan yang keluar dari Saringan Pasir Cepat, dapat digunakan beberapa / multi Saringan Pasir Lambat.
1. Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh dengan Ijuk
  • Sediakan penampungan air (drum) ukuran sedang, yaitu sekitar 20-50 liter air. Penampungan air ini dibolongi pada bagian bawahnya.
  • Sediakan ijuk 10 kg dan masukkan kedalam drum yang sudah dilobangi pada bagian bawahnya.
  • Diatas ijuk masukkan pasir sebanyak 10 kg, ditambah dengan batu krikil 5 kg.
  • Setelah hal-hal diatas sudah selesai dilakukan, maka kemudian silahkan memasukkan air kedalam drum yang sudah diisi oleh ijuk, pasir dan krikil. Silahkan lihat hasil air yang keluar dari drum yang sebelumnya sudah dilobangi, apakah sudah lebih jernih dari air yang dimasukkan sebelumnya?
2. Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh dengan Arang Kayu
  • Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh untuk membersihkan / menjernihkan air sumur gali dengan areng kayu adalah dengan mengikat beberapa potong arang kayu dengan tali, lalu diceburkan ke dalam sumur galian dan ikatkan tali yang kuat agar arang kayu tidak hilang terlepas ke dalam dasar sumur. Setelah beberapa lama kualitas air akan membaik dengan tingkat kekeruhan dan aroma bau yang. Ganti arang kayu setiap 2 hingga 3 bulan sekali.
3. Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh dengan tawas
  • Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh adalah dengan menaburkan tawas menggunakan tawas (Aluminium Sulfat) yang ditaburkan di selubung pipa sumur bor, Jika anda menggunakan sumur maka dapat anda taburkan pada sumur pada saat awal setelah selesai digali atau jika sudah terlambat juga dapat ditaburkan jika airnya keruh.

1 komentar:

  1. tradisional kreatif........tapi alangkah baiknya jika pakai cara yang praktis yaitu menggunakan filter air Dr.Toya

    BalasHapus