Selasa, 27 Agustus 2013

Kndungan gizi terong ungu

Kandungan Gizi dan Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan -
Sudah tak asing lagi kan dengan gambar di samping ? karena gambar di samping mungkin bisa jadi makanan favorit anda. atau mungkin sering di masak dirumah sebagai sayuran pendamping nasi dan lauk pauk. Terong / terung sebenarnya memiliki berbagai jenis baik ukuran maupun bentuk dan warna. Dan terung/terong juga umumnya ada yang di gunakan sebagai lalapan atau untuk di sayur atau di sambal, bergantung jenisnya. Misal terung berbentuk bulat berukuran kecil umumnya di jadikan lalapan dikarenakan teksturnya yang renyah. Dan terung berbentuk lonjong berwarna ungu seperti gambar disamping biasanya di sayur tumis, di buat sambal terong atau bisanya ada juga yang hanya di rebus/goreng untuk di jadikan lalapan pendamping sambal. Namun pada postingan kali ini saya hanya akan membahas mengenai si terong ungu saja. Bagi anda penggemar terong ungu, ada kabar baik loh.. mau tahu ? Ayo kita simak bersama-sama.

Terung / Terong memiliki nama ilmiah Solanum melongena, tanaman dengan ciri tinggi tanaman hingga 40-150 cm (16-57 inci). Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10-20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5-10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus.
Kandungan gizi dalam terung ungu antara lain: air, protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat kasar, kalsium, besi, fosfor, karotin, vitamin B1, B2, C dan vitamin P, asam nikotinat, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar