Selasa, 20 November 2012

Manfaat Binatang Bagi Manusia

a.     Sumber makanan

Hewan dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan bagi manusia dengan mengambil dagingnya (misalnya sapi, kerbau, domba, ayam, dan lain-lain), telurnya (misalnya ayam, itik, angsa, dan puyuh), dan susunya (misalnya sapi, kuda, dan kambing).

b.     Bahan Obat

Hewan dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat dengan mengambil bisanya (ular, lebah, kalajengking), empedunya (ular, domba), atau seluruh bagian dagingnya (kerang, cacing, siput), dan culanya (badak)

c.      Penarik Gerobak

Tenaga hewan dapat digunakan untuk menarik gerobak atau delman, contohnya kuda, sapi, dan kerbau

d.     Bahan Kerajinan

Bagian-bagian hewan dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan, dari kulitnya(sapi, domba, kerbau), untuk kerajinan seperti sepatu, tas, dan wayang. Untuk kerajinan tangan sebagai hiasan rumah diambil dari cangakangnya dan mutiaranya (kerang mutiara), tulangnya (sapi, domba, kerbau, dan rusa), serta diambil bulunya seperti untuk pakaian, kemoceng, shuttle chock.

e.     Pemangsa/hama

Beberapa jenis hewan perlu dilindungi karena berguna sebagai pembatas populasi hewan lainnya,seperti harimau untuk pengendali herbivora (rusa, kelinci, banteng). Tetapi beberapa hewan perlu dikurangi populasinya, karena sebagai hama pertanian, seperti serangga hama (ulat pemakan daun, penggerek batang, wereng, dan walang sangit).

Golongan predator hiperparasit sangat bermanfaat dalam menekan populasi hama tanaman, seperti ular sawah, burung hantu, dan elang adalah pemakan tikus sawah, dan lebah tabuhan dapat membunuh ulat-ulat penggerek padi.

Beberapa jenis hewan di dunia telah punah, seperti dinosaurus, tiranosaurus, mamoth, triceratops. Sebagian lagi hewan berada diambang kepunahan, seperti babi rusa, biawak, komodo, jalak bali, burung maleo, burung cenderawasih, tapir, dan banteng. Oleh sebab itu hewan-hewan langka sebagai kekayaan alam indonesia harus dilestarikan dan dilindungi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar